1.

Selasa, 27 Januari 2015

Gempa, dan Hal yang sebaiknya Diingat


Gempa bumi adalah salah satu bencana yang rawan terjadi di Indonesia. Gempa bumi bisa terjadi karena lempeng lempeng yang bergesekan yang kemudian disebut sebagai gempa tektonik, dan ada juga gempa yang disebabkan oleh aktivitas gunung berapi yang selanjutnya disebut sebagai gempa vulkanik.

Gempa datang tak diduga-duga, ketika diluar ruangan resikonya mungkin tidak sebesar ketika berada didalam ruangan atau gedung bertingkat karena yang didalam ruangan kemungkinan besar dapat tertimpa benda-benda yang jatuh dari atas ketika ruangan bergetar akibat gempa.

Teringat saat saya mengikuti ektrakulikuler PMR sewaktu SMA, diajarkan oleh pembimbing waktu itu mengenai siaga bencana. Saat itu topiknya mengenai pengurangan resiko terjadinya gempa ketika berada didalam ruangan. Jadi hal apa yang harus kita ingat?.

    1.      Lindungi Kepala
          Karena kepala adalah bagian tubuh yang sangat vital.

    2.      Masuk ke kolong Meja
          Melindungi badan dari dampak kejatuhan benda-benda dari atas.

     3.      Jauhi dari kaca
          Karena saat bergetar, kaca-kaca diruangan dikhawatirkan akan pecah dan mengenai  tubuh jika           kita berada dekat kaca. Jadi jauhi kaca ketika gempa terjadi.

     4.  Pergi kelapangan terbuka
          Jangan panik, jika situasi memungkinkan langsung pergi menuju ke lapangan terbuka.


Bencana memang tidak kita harapkan, tapi setidaknya kita harus bisa mengurangi dampak yang terjadi akibat bencana tersebut kan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar