1.

Rabu, 17 Agustus 2011

Dibalik menguatnya ekonomi indonesia di 66 tahun kemerdekaannya

  Sudah 66 tahun indonesia merdeka,lalu apakah terjadi perubahan? tentu banyak perubahan yg terjadi baik dibidang ekonomi ,politik ,hukum,sosial,dan budaya.
Kita bahas bagaimana keadaan ekonomi indonesia diusia ke 66 tahun kemerdekaannya ini.

   Ditahun 2010 lalu indonesia menjadi kekuatan ekonomi dunia dengan peringkat 18 dunia ,dengan Pendapatan Domestik bruto (PDB) mencapai US$540,3 milyar.Menurut Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pertumbuhan ekonomi Indonesia selama kuartal II-2011 tumbuh 6,5 persen ,IHSG juga terus mencatat rekor tertingginya diatas 4000 kemudian sempat melemah lagi karena kecemasan sesaat investor akan krisis utang amerika dan eropa ,Pemerintah mencatat cadangan devisa Indonesia hingga awal Agustus 2011 mencapai US$123,2 miliar. Tingkat cadangan devisa tersebut meningkat 350 persen dibandingkan 2004 sebesar US$36,3 miliar.
nilai tukar rupiah juga semakin terapresiasi atas dolar Amerika pada agustus 2011 ini nilai tukar rupiah dikisaran 8500 san/dolar amerika.Indonesia juga dinyatakan mampu menghadapi krisis ekonomi global tahun 2008 lalu.

   Dengan serangkaian Keberhasilan tersebut apakah jumlah kemiskinan dan penggangguran tetap banyak?Bps mencatat jumlah penduduk miskin di indonesia mencapai 30 juta jiwa atau 12,5 % dari total penduduk indonesia,pengangguran tahun ini mencapai 8,1 juta orang atau 6,8 % dari penduduk total indonesia.
   Memang dari kenyataan diatas jelas bahwa banyak penduduk Indonesia yang belum menikmati kemerdekaan secara utuh dalam bidang ekonomi.Banyak warga masyarakat didaerah-daerah terpencil di indonesia yang belum sejahtera.Hal tersebuat dikarenakan karena kurangnya pembangunan infrastruktur pada daerah-daerah terpencil tersebut .Sebenarnya dengan mengalokasikan dana APBN yang cukup untuk membangun infrastruktur,meningkatkan kualitas pendidikan serta dengan menambah lapangan pekerjaan seluas-luasnya,dan kestabilan harga kebuthan pokok bisa menekan tingkat pengangguran dan kemiskinan.Tapi tentu saja hal itu tidak semudah membalikkan telapak tangan,butuh kesolidtan dari Pemerintah pusat dan daerah untuk menangani hal tersebut.Serta bersatu padu dengan masyarakat untuk melakukan itu.Dengan bisa mencapai harapan tersebut dapat dipastikan indonesia akan bisa menjadi negara dengan ekonomi kuat didunia dimasa yang akan datang.MERDEKA!!!




Sumber referensi : Berbagai sumber

http://randianto77.blogspot.com/view/sidebar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar