1.

Sabtu, 03 Januari 2015

KONSENTRASI

     Konsentrasi merupakan salah satu syarat bagi kita untuk dapat meraih puncak prestasi. Lho kenapa? Karena dengan  berkonsentrasi, maka kita bisa menjadikan otak dalam kondisi yang optimal sehingga belajar kita juga jadi optimal.
            Konsentrasi hanya bisa terjadi jika kita dalam kondisi rileks, di mana pada saat itu, neokorteks yang bersisi memori akan bekerja. Jika kita panik, neokorteks akan tersingkir, dan yang justru akan mendominasi otak kita adalah naluri primitif yang dikendalikan oleh otak primitif kita. Jadi jangan bingung jika ada orang yang kita anggap cerdas, ternyata melakukan hal-hal aneh yang justru menggelikan kalau dilihat hehe.
         Jadi bagaimana agar kita bisa optimal berkonsentrasi?. Olah raga yang teratur bisa membuat tubuh terasa segar. Kemudian minum air putih yang cukup karena tubuh kita juga membutuhkan banyak cairan. Selanjutnya makanlah ketika lapar dan berhentilah sebelum kenyang, juga akan membuat kita terhindar dari kelaparan sekaligus kekenyangan yang merupakan penghalang kita dalam berkonsentrasi.
          Satu hal yang perlu dicatat, kita juga harus bisa memahami rentang fokus optimal  kita dalam belajar. Jika kita memiliki batas waktu belajar 3 jam, sebaiknya berhentilah belajar setelah kita berkutat dalam pelajaran sebanyak waktu tersebut. Jangan terlalu difosir meski kamu sanggup mengerjakan sesuatu tanpa jeda. Karena jika kita berkonsentrasi optimal dalam belajar tentunya banyak materi yang akan diserap kan.

Sumber Referensi:  1. Afra, Afifah., 2007, The Winner IS, Gema Insani, Jakarta.
                                2. Google.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar